Inilah Cara Membuat Partisi Gypsum Jadi Kedap Suara

Cara Membuat Partisi Gypsum

Membuat partisi pada ruangan tentu memiliki beberapa tujuan, salah satunya adalah menciptakan ruangan yang kedap suara. Untuk itu kamu bisa menggunakan partisi gypsum sebagai salah satu solusinya. Maka pada kesempatan kali ini akan kami berikan bagaimana menciptakan ruangan yang kedap suara menggunakan partisi, khususnya dalam hal ini partisi gypsum.

Membuat Partisi Menjadi Kedap Suara

Membuat ruangan kedap suara tentu merupakan salah satu tujuan penggunaan partisi gypsum. Sayangnya, terkadang pembuatan partisi tersebut dibuat kurang mumpuni sehingga suara kurang teredam dengan sempurna. Maka dari itu, Inilah beberapa cara untuk membuat partisi menggunakan gypsum agar menjadi kedap suara.

Rencanakan layout dengan baik

Untuk membuat partisi yang baik dengan harga yang murah, sebaiknya kamu membuat perencanaan layout yang matang. Hal tersebut bertujuan agar posisi dan penggunaan material bisa disusun dengan baik dan benar. Untuk itu, kamu perlu membuat zona level suara pada masing – masing ruangan yang di bangunan tersebut. Hal lainnya yaitu perlu menghindari peletakan ruangan yang hening berada di samping ruangan yang berisik seperti studio musik. Sebagai contoh, kamu sebaiknya jangan membuat ruang musik tepat berada di sebelah mushola.

Rencanakan ukuran ruangan yang tepat

Untuk menghindari kebocoran suara, kamu seharusnya memperhatikan ukuran dari ruangan tersebut agar tidak akan terjadi resonansi antara dua ruangan yang saling bersebelahan. Hal tersebut dapat terjadi karena ruangan yang bersebelahan apabila memiliki ukuran yang sama akan lebih sulit di insulasi dibandingkan dengan ruangan yang memiliki dimensi yang berbeda.

Atur tingkat insulasi suara

Pada dasarnya, dinding partisi yang biasa kamu temui sehari-hari hanya mampu menginsulasi suara pada rentang 30 dB. Untuk itu, tingkat suara yang melebih itu akan menyebabkan kebocoran suara yang tinggi. Cara yang efektif dalam meningkatkan tingkat insulasi suara pada dinding adalah dengan menambahkan massa pada dinding tersebut serta membuat sirkulasi rongga udara yang sesuai spesifikasi. Pada rongga tersebut, kamu bisa menambahkan bahan peredam suara yang berpori.

Rencanakan dinding partisi yang mampu meredam getaran

Sebenarnya terjadinya kasus kebocoran suara dapat terjadi karena penghantaran dan juga pengonduksian antara dua media yang berbeda. Untuk kasus konduksi yang pertama adalah konduksi yang terjadi pada udara. Sementara itu, konduksi kedua merupakan konduksi yang terjadi pada struktur benda. Dengan adanya konduksi berupa getaran, perlu adanya pengaplikasian peredam suara tambahan pada partisi dengan bahan gypsum yang mampu mengurangi rambatan dari getaran melalui struktur benda tersebut.

Lakukan konstruksi ulang

Langkah terakhir apabila peredam suara dinyatakan tidak sesuai dengan harapan, sebaiknya kamu perlu mengatur ulang konstruksi dari dinding partisi tersebut. Untuk itu, sebaiknya kamu mencoba untuk menciptakan sebuah dinding menggunakan gypsum yang memiliki stuktur tahan terhadap rambatan dari suara. Selain itu, posisi dari partisi tersebut juga harus diperhatikan agar konstruksi yang ada tidak sia-sia. Hindari juga dinding partisi bahan gypsum yang sudah retak karena akan memengaruhi kualitas dari peredama suara.

Demikianlah artikel singkat mengenai cara membuat partisi menggunakan bahan gypsum agar bisa menjadi partisi yang kedap suara. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu dalam menemukan solusi permasalahan kekedapan suara dengan baik dan benar. Hindari juga penggunaan struktur partisi dari gypsum yang tidak sesuai dengan standar. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

This entry was posted in Dekorasi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *