Ini Dia 4 Jenis Tirai untuk Penutup Jendela yang Harus Kita Tahu

Saat menata desain interior hunian, tirai penutup jendela adalah salah satu perlengkapan yang harus dipilih dengan tepat.  Sebab tidak semua jenis tirai cocok untuk semua ruangan.  Jika salah pilih, justru akan mengurangi estetika dan fungsi ruangan loh.

Faktor lain yang harus kita perhatikan adalah budget yang dialokasikan untuk kebutuhan tirai.  Untuk tipe desain minimalis, ada banyak loh pilihan gorden minimalis murah yang tersedia di pasaran.  Apalagi beberapa tahun ini desain minimalis memang sedang ngetrend.

Jenis-Jenis Tirai untuk Penutup Jendela

Tirai adalah nama lain dari perlengkapan penutup jendela.  Tirai berfungsi untuk mengatur pencahayaan ruang dari sinar alami.  Tirai juga berguna untuk menghalangi debu dari luar.

Manfaat lain dari tirai adalah sebagai pembatas yang menjaga privasi bagian dalam rumah kita.  Penggunaan salah satu jenis tirai, seperti vertical blind tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan ruangan.  Tirai bertipe blinds disebut juga dengan nama kerai.

Biasanya jenis tirai ini digunakan di lingkungan kantor, namun bukan berarti tidak cocok jika digunakan untuk hunian.  Tirai jenis blinds seperti halnya vertical blind terbuat dari bahan-bahan yang keras.  Setidaknya ada empat jenis blinds yang bisa kita gunakan untuk mempercantik ruangan.  Berikut ini adalah jenis-jenis tirai yang bisa dijadikan sebagai referensi.

1. Tirai Horizontal

Jenis tirai horizontal umum ditemuka di dalam interior bangunan komersil ataupun kantor.  Tirai ini terdiri dari sirip horizontal yang tersusun dari bahan kain, alumunium, juga kayu.  Tirai horizontal sangat cocok digunakan untuk jenis jendela yang tinggi.

Penghuni ruang bisa menentukan dengan bebas apakah tirai akan dibuka seluruhnya atau hanya sebagian.  Jika ingin dibuka seluruhnya, tirai dapat ditarik ke atas seluruhnya.  Jika hanya ingin terlihat sebagian, kita dapat membuka bagian sirip-siripnya saja.

2. Tirai Vertikal

Vertical Blind

Bahan yang digunakan untuk menyusun tirai vertical sama seperti pada tirai horizontal.  Perbedaannya hanya terletak pada bentuk sirip berupa garis garis vertical.  Jenis tirai ini juga cukup banyak digunakan.

Tirai vertical disebut juga sebagai vertical blind.  Seperti halnya kesan yang timbul pada pakaian bergaris vertica, tirai vertical juga memberikan kesan ruangan menjadi lebih tinggi.  Kesan ini kebalikan dari jenis tirai horizontal yang membuat ruangan menjadi lebih lebar.

3. Roman Blind

Roman blind menimbulkan kesan unik pada ruangan.  Sebab saat dinaikkan ke atas, roman blind akan membentuk lipatan berlekuk.  Bentuk ini dapat menjadi bagian dari dekorasi ruangan di dalam rumah.  Kesan unik akan semakin terasa jika kita menggunakan tirai bermotif.

4. Roller Blind

Roller Blind Biru

Sama seperti roman blind, penutup jendela jenis ini dibuka dengan cara menaikkan tirai.  Bedanya adalah jika gulungan roman blind berbentuk lipatan, roller blind justru berbentuk gulungan.  Material yang digunakan juga berbeda yakni berupa kain kasar yang mudah digulung.  Tirai ini dilengkapi dengan alat penggulung atau pengait di bagian atasnya.

Empat jenis tirai diatas adalah tipe blinds yang dapat kita cari di toko gorden minimalis murah.  Penggunaan tirai bisa dikombinasikan dengan sheer, yakni gorden berbahan tipis yang dapat meneruskan cahaya matahari ke dalam namun tetap membatasi area pandang dari orang-orang di luar ruangan.  Kombinasi tirai dan sheer cukup populer sebab dapat menciptakan suasana elegan nan klasik pada ruangan.

Sheer biasanya berwarna putih polos ataupun bermotif.  Berbagai jenis sheer juga biasanya dijual di Windowblind.co.id.  Kita memang harus cermat dalam memilih jenis tirai, apalagi dalam menentukan kebutuhan tirai sesuai budget.

Ingat bahwa tirai harus disesuaikan dengan tipe jendela serta kesan ruangan yang kita inginkan.  Setiap jenis tirai memiliki keunikan masing-masing.  Tugas kita lah yang harus mengoptimalkan agar sesuai dengan fungsi dan estetika yang sesuai dengan ruang.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *